ORGANISASI

Organisasi NCICD mencerminkan kepentingan program yang berskala nasional: hampir seluruh Kementerian Indonesia dan Badan serta dinas-dinas di Provinsi DKI Jakarta terlibat dan bekerja dibawah koordinasi dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Unit Pengelolaan Program membentuk inti dari Organisasi NCICD, disamping Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, termasuk juga didalamnya Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pemerintah Belanda, menyediakan dana untuk melibatkan tim tenaga ahli dari Indonesia dan Belanda yang berisikan lebih dari 40 tenaga ahli teknis, keuangan, perkotaan dan kelembagaan dari 5 perusahaan konsultan utama di bidang pengelolaan air, aspek keuangan dan pembangunan perkotaan yang ada di Belanda. Sebagian besar pekerjaan teknis sipil dilakukan oleh tenaga ahli Indonesia yang telah berpengalaman, dibantu oleh tenaga ahli pengelolaan air dari Belanda.

Proses perencanaan didukung oleh para tenaga ahli di Indonesia, baik dari swasta maupun dari universitas teknik yang paling populer di Indonesia: Institut Teknologi Bandung.